Nama : Dimas Tri Ariadi (22210050)
Hendra (23210205)
M Fajrin (24210495)
M Ethwin Ibnu T (24210667)
Yuda Nurdiandani (28210699)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah
Akuntansi menurut american Insitute
of Certified Public Accounting (AICPA) adalah suatu seni pencatatan,
penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter,
transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan termasuk
menfasirkan hasil-hasilnya.
Akuntansi menurut American
Accounting Association adalah “Accounting as the process identifiying,
measuring, and communicating economic information to permit informed judgements
and decisions by users of the information” “Akuntansi merupakan : Proses mengidentifikasikan,
mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian
dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi
tersebut “”(Wilopo, 2005 : 9).
Akuntansi Internasional menurut
Iqbal, Melcher dan Elmallah (1997:18) mendefinisikan akuntansi
internasional sebagai akuntansi untuk transaksi antar negara, pembandingan
prinsip-prinsip akuntansi di negara-negara yang berlainan dan harmonisasi
standar akuntansi di seluruh dunia. Suatu perusahaan mulai terlibat dengan
akuntansi internasional adalah pada saat mendapatkan kesempatan melakukan
transaksi ekspor atau impor.
Menurut (Choi 2005) akuntansi
internasional memiliki tiga pengertian yaitu:
1. Pertama, konsep parent foreign
subsidiary accounting
Menganggap
bahwa akuntansi internasional hanya proses penyusunan
laporan konsolidasi antara perusahaan induk dan cabang
yang berada di berbagai Negara
2. Kedua, konsep
comparative/international accounting
Menekankan
pada upaya mempelajari perbedaan akuntansi di berbagai Negara
3. Ketiga, universal atau world
accounting
Kerangka/konsep
teori dan prinsip akuntansi yang berlaku di semua Negara
Kanada
sebagai negara persemakmuran (commonwealth)
dari Inggris sedikit banyak mengadopsi sistem pemerintahan serta
konstitusi-konstitusi yang diadopsi dari konstitusi Inggris. Selain itu Kanada
juga secara simbolik dipimpin oleh Ratu Inggris meskipun dalam pelaksanaannya
lebih banyak banyak diwakilkan kepada gubernur jenderal ataupun perdana
menteri.
B. Tujuan
1. Agar
dapat memahami definisi sistem akuntansi internasional
2. Memahami
sistem akuntansi di negara kanada
C.
Rumusan
masalah
1. Bagaimana
sistem akuntansi internasional
2. Bagaimana
sistem akuntansi di Negara kanada
BAB II
LANDASAN TEORI
Sistem Akuntansi
Praktisi akuntansi dikenal sbg akuntan. Akuntan
bersertifikat resmi memiliki gelar tertentu yg berbeda di tiap negara.
Contohnya adalah Chartered Accountant (FCA, CA or ACA), Chartered Certified
Accountant (ACCA atau FCCA), Management Accountant (ACMA, FCMA atau AICWA),
Certified Public Accountant (CPA), & Certified General Accountant (CGA). Di
Indonesia, akuntan publik yg bersertifikat disebut CPA Indonesia (sebelumnya:
BAP atau Bersertifikat Akuntan Publik).
A.
Akuntansi modern
Inti akuntansi keuangan modern ada
pada sistem pembukuan berpasangan. Sistem ini melibatkan pembuatan paling tidak 2 masukan untuk setiap
transaksi: satu debit pada sesuatu akun, & satu kredit terkait pada akun
lain. Jumlah keseluruhan debit harus selalu sama dgn jumlah keseluruhan kredit.
Cara ini akan memudahkan pemeriksaan jika terjadi kesalahan. Cara ini diketahui
pertama kali digunakan pada abad pertengahan di Eropa, walaupun ada pula yg
berpendapat bahwa cara ini sudah digunakan sejak zaman Yunani kuno.
Reformasi akuntansi dalam berbagai bentuk selalu terjadi pada tiap
generasi untuk mempertahankan relevansi pembukuan dengan aset kapital atau
kapasitas produksi. Walaupun demikian, hal ini tidak mengubah prinsip-prinsip
dasar akuntansi, yg memang diharapkan tidak bergantung pada pengaruh ekonomi
seperti itu.
Akuntasi Amerika Serikat, akuntan yang berpraktik disebut Certified Public
Accountant (CPA), Certified Internal Auditor (CIA) & Certified Management
Accountant (CMA). Perbedaan jenis sertifikasi adalah dalam hal jenis-jenis jasa
yg ditawarkan, walaupun mungkin saja satu orang memiliki lbh dari satu
sertifikat. Sebagai tambahan, byk pekerjaan akuntansi dikerjakan oleh seseorang
tanpa memiliki sertifikasi namun di bawah pengawasan seorang akuntan
bersertifikat.
Sertifikasi CIA dikeluarkan oleh Institute of Internal Auditors
(IIA), yg diberikan kpada kandidat yg lulus dalam 4 bagian ujian. CIA
kebanyakan memberikan jasanya kepada pemberi kerja langsung bukan kepada
publik.
Sertifikasi CMA diberikan oleh Institute of Management
Accountants (IMA), yg diberikan kpada kandidat yg dinyatakan lulus dalam 4
bagian ujian & memenuhi pengalaman praktik tertentu berdasarakan ketentuan
IMA. CMA kebanyakan memberikan jasanya kpada pemberi kerja langsung bukan kpada
publik. CMA juga bisa menawarkan jasanya kpada publik, namun dgn lingkup yg lbh
kecil dibanding CPA.
Sertifikasi CPA dikeluarkan di negara bagian tempat kedudukan yg
bersangkutan berupa izin ukt menawarkan jasa auditing kpada publik, walaupun
kebanyakan kantor akuntan juga menawakan jasa akuntansi, perpajakan, bantuan
litigasi & konsultansi keuangan lainnya. Persyaratan ukt mendapat
sertifikat CPA bervariasi di antara negara bagian, namun ujian Uniform
Certified Public Accountant diharuskan di setiap negara bagian. Ujian ini
dibuat & diperiksa oleh American Institute of Certified Public Accountants.
Kanada
Di Kanada, ada tiga lembaga yang menangani akuntansi: the Canadian Institute
of Chartered Accountants (CA), the Certified General
Accountants Association of Canada (CGA), dan the Society of
Management Accountants of Canada (CMA). CA dan CGA dibentuk
berdasarkan Undang-undang Parlemen berturut-turut pada tahun 1902 dan 1913
sedangkan CMA didirikan dalam tahun 1920.
Program CA difokuskan menjadi akuntan publik dan
kandidat harus memiliki pengalaman auditing dari kantor akuntan publik; program
CGA memberikan kebebasan bagi kandidatnya untuk memilih karier di bidanga
keuangan; program CMA memfokuskan diri pada akuntansi manajemen. Ketiganya
mengharuskan setiap kandidat untuk mendapatkan gelar kesarjanaan dan pengalaman
praktik sebelum memperoleh sertifikasi.
Kanada, secara historis dikenal sebagai Dominion of Canada,
adalah negara paling utara di Amerika Utara. Merupakan federasi dari 10
provinsi dan 3 teritori dengan sistem desentralisasi dan pemerintahan berbentuk
monarki konstitusional. Dibentuk tahun 1867 dengan undang-undang Konfederasi.
Ibu kota Kanada adalah
Ottawa, tempat parlemen nasional dan juga tempat tinggal Gubernur Jenderal dan
Perdana Menteri. Merupakan bekas jajahan Perancis dan Britania Raya, Kanada
adalah anggota La Francophonie dan Negara Persemakmuran.
Luas
total Kanada 9.984.670 kilometer persegi.
Dari jumlah
ini, 9.093.507 kilometerpersegi berupa daratan
dan 891.163 kilometer
persegi adalah perairan.
Wilayah
Kanada adalah yang terbesar kedua di dunia (setelah
Rusia yang memiliki luas total 17.075.000 kilometer persegi).
Sebagai negara maju, Kanada juga mempunyai
standar akuntansi pemerintahan yang digunakan di negaranya. Karena
masing-masing negara mempunyai standar yang berbeda untuk akuntansi
pemerintahannya, begitu pula yang di Kanada. Yang pasti akan sangat berbeda
dengan akuntansi pemerintahan di negara kita, Indonesia. Mungkin standarnya
akan lebih rumit.
Sektor
Publik Dewan Akuntansi
Dewan
Akuntansi Sektor Publik (PSAB) dibentuk pada tahun 1981 oleh Institute of
Chartered Kanada. Akuntan setelah berkonsultasi dengan berbagai
stakeholder pejabat
tinggi pemerintah. Para pemangku kepentingan melihat dibutuhkanya pendekatan
nasional, sebanding dan konsisten untuk pelaporan keuangan oleh pemerintah di
Kanada.
Dari tahun 1981
sampai tahun 1989, Dewan difokuskan pada penyediaan standar akuntansi untuk,
federal provinsi dan
wilayah pemerintah
(pemerintah tinggi). Pada tahun
1989, PSAB memperluas kegiatannya untuk mencakup pemerintah lokal. Pada Awal tahun 2009, Dewan menerima
tanggung jawab untuk menetapkan standar akuntansi dan bimbingan
bagi organisasi pemerintah keseluruhan
. Sebuah
organisasi pemerintah adalah sebuah organisasi yang dikendalikan oleh pemerintah.
Sifat penetapan
standar di sektor publik
Tidak seperti penetapan standar di sektor swasta, tidak
ada persyaratan hukum yang disetujui oleh orang lain yang membutuhkan pemerintah tinggi untuk mengikuti standar yang dikeluarkan oleh
PSAB. Namun, mereka mengharuskan
untuk mematuhi peraturan mereka. Organisasi
pemerintah-pemerintah tersebut umumnya dibutuhkan oleh masing-masing pemerintah
untuk mengadopsi
standar yang
dikeluarkan oleh PSAB. Pemerintah daerah dan organisasi mereka umumnya
disyaratkan dalam
provinsi
undang-undang atau peraturan untuk mengikuti standar yang dikeluarkan oleh
PSAB.
Misi
Misi PSAB adalah untuk melayani kepentingan publik dengan
menetapkan standar dan memberikan panduan bagi keuangan dan informasi
lain yang dilaporkan oleh kinerja sektor publik di Kanada.
Peran
PSAB menetapkan standar akuntansi dan pedoman lainnya
bagi pemerintah dan organisasi mereka. Itu dilakukan untuk meningkatkan informasi yang tersedia untuk
pengambilan keputusan dan untuk meningkatkan akuntabilitas entitas sektor public
Tanggung jawab
Dalam menetapkan standar dan pedoman lainnya, PSAB akan:
·
menghormati dan mendorong masukan dari
semua pemangku kepentingan
·
membawa
objektivitas dengan pertimbangan masalah;
·
menghormati
kemampuan para pemangku kepentingan untuk melakukan penilaian yang
professional, dan
·
berkomitmen
untuk menanggapi kebutuhan stakeholder pada bas tepat waktu
Members
PSAB menggunakan papan dan pendekatan task force untuk
menetapkan standar dan bimbingan lainnya. Sebuah Kursi dibayar dan sebelas anggota relawan
merupakan Dewan. PSAB bertanggung jawab untuk menyetujui semua dokumen
untuk komentar dan standar akhir. Gugus tugas terdiri dari anggota relawan yang
memiliki
kepentingan
tertentu atau keahlian dalam topik yang sedang dibahas. Gugus tugas untuk
menyampaikan materi ini PSAB pertimbangan denga mengidentifikasi masalah, menilai alternatif, dan membuat
rekomendasi.
Dewan
Pengawan Standar akuntasi (AcSOC) menunjuk anggota Dewan. PSAB, melalui Ketua
dan Direktur, menunjuk para anggota individual dari gugus tugas. Dewan dan tugas
anggota pasukan yang dipilih untuk memastikan bahwa berbagai latar belakang,
keterampilan dan pandangan yang dibawa untuk menanggung pada masalah yang dihadapi PSAB.
Semua tingkat pemerintahan, organisasi pemerintah, legislatif auditor,
auditor sektor swasta, akademisi dan lain-lain yang diwakili. Setiap individu
membawa nya
individu
pandangan dan pendapat, dan bukan orang-orang dari organisasi yang ia
dikaitkan.
Setiap anggota Dewan memiliki satu
suara. Wakil Presiden, Standar dan Direktur, Sektor Publik Akuntansi adalah
non-voting anggota Dewan.
Due Process
PSAB mengikuti proses karena luas untuk menetapkan
standar dan pedoman lainnya ditambah dengan kegiatan di
banyak komunikasi. Biasanya, due proses meliputi:
·
menyetujui
proposal proyek;
·
merilis
laporan prinsip untuk komentar publik;
·
meninjau
tanggapan dan berurusan dengan isu yang diangkat;
·
draft
paparan penerbitan standar yang diusulkan;
·
meninjau
tanggapan dan berurusan dengan masalah yang diangkat, dan
·
mengeluarkan
standar akhir.
Draft
paparan Semua dan standar akhir harus menerima suara setuju dari sedikitnya
delapan dari dua belas anggota secara tertulis sebelum dokumen-dokumen ini
dapat dipublikasikan.
Transparansi
Rapat Dewan diadakan secara pribadi untuk melindungi
pandangan rahasia dari anggota relawan nya. Namun, PSAB menerbitkan agendanya
sebelum pertemuan, ringkasan keputusan selanjutnya ke sebuah pertemuan, makalah
pendukung isu draf eksposur, dan dasar untuk dokumen kesimpulan, yang menyertai
standar akhir. Selain itu, proses pembangunan didukung oleh kegiatan komunikasi
yang komprehensif termasuk face-to-face pertemuan, presentasi, webcast, komunikasi
elektronik dan berbagai writtenmaterial seperti dokumen bahasa sederhana,
ringkasan eksekutif satu-halaman di bahasa non-teknis yang menyertai
dokumen terbuka untuk untuk memberikan komentar.
Akuntabilitas
PSAB bertanggung jawab kepada AcSOC. AcSOC bertanggung jawab untuk memberikan masukan untuk rencana PSAB strategis dan annuals serta menilai kepatuhan PSAB untuk proses dan kinerja tahunan.
PSAB bertanggung jawab kepada AcSOC. AcSOC bertanggung jawab untuk memberikan masukan untuk rencana PSAB strategis dan annuals serta menilai kepatuhan PSAB untuk proses dan kinerja tahunan.
AcSOC adalah independen, relawan badan yang dibentuk oleh
Institute of Chartered Accountants Kanada di 2000. Ini
melayani kepentingan publik dengan mengawasi dan memberikan masukan pada
kegiatan Akuntansi
Dewan Standar
(AcSB), yang menetapkan standar pelaporan keuangan untuk berorientasi pada
keuntungan perusahaan, dan tidak-untuk-profit organisasi di sektor swasta, dan
Sektor Publik Akuntansi Dewan (PSAB), yang menetapkan pelaporan
keuangan standar bagi pemerintah dan organisasi mereka. Tanggung jawab AcSOC
meliputi
menunjuk AcSOC,
AcSB dan anggota PSAB. Pelaporan kepada publik dan terdiri dari wakil-wakil
yang termasuk
regulator, investor dan pengguna lain, penyusun dan auditor dari laporan
keuangan, AcSOC membawa
luas perspektif
untuk masalah kompleks yang dihadapi pembuat standar baik di sektor swasta dan
publik.
Itu
adalah suatu kehormatan untuk ditunjuk Ketua Akuntansi Sektor Publik Board
(PSAB) dari tanggal 1 April 2011 sampai dengan 31 Maret 2012.
Dalam
peran pertama saya, sebagai Ketua Satuan Tugas Modal Pemerintah Daerah Berwujud
Aset, perubahan signifikan yang diwujudkan dengan akuntansi akrual penuh bergerak
- sesuatu yang belum dicapai dalam sejarah Kanada meskipun banyak telah
mencoba. Selanjutnya, sebagai anggota Dewan dan akhirnya Wakil Ketua isu-,
penting tapi kontroversial seperti instrumen keuangan dan transfer pemerintah
yang diselesaikan. Sebagai Ketua, saya melihat sebuah era baru dalam pelaporan
keuangan sektor publik diperkenalkan dengan asumsi PSAB jawab untuk menetapkan
standar untuk organisasi pemerintah.
Pada
2011 - 2012, PSAB umumnya memiliki tahun yang sukses, meskipun menghadapi
beberapa tantangan.
Tujuan
utama kami agenda teknis telah atau sedang dipenuhi. Yang paling penting,
pekerjaan maju pada proyek kunci PSAB ini: Konsep Mendasari Kinerja Keuangan.
Secara internasional, PSAB terus mempengaruhi pekerjaan Standar Akuntansi
Sektor Publik Internasional (IPSASB) oleh berpartisipasi dalam
pertemuan-pertemuan, mengomentari dokumen dan mendorong sektor publik Kanada
untuk menanggapi dokumen mereka. Berkelanjutan kami komunikasi tujuan bertemu
dengan jangkauan signifikan dan bantuan transisi diberikan kepada berbagai
pemangku kepentingan.
Sepanjang
tahun, PSAB melakukan survei konstituennya yang mengungkapkan kepuasan umum
dengan kualitas dokumen yang dikeluarkan untuk komentar dan kami didorong oleh
tanggapan yang berkaitan dengan kami komunikasi upaya. Namun, beberapa isu yang
diangkat dengan jumlah waktu yang diberikan untuk menanggapi dokumen dan untuk
menerapkan standar baru. PSAB mendengarkan dan merespon sesuai. Akhirnya,
beberapa pemangku kepentingan menunjukkan bahwa agenda teknis PSAB itu tidak
mencerminkan masalah utama yang mereka hadapi (yaitu, tingkat-diatur akuntansi
dan kerangka kerja konseptual yang PSAB).
Seperti
yang kita berkembang melalui 2011-2012, sejumlah perusahaan bisnis pemerintah
membuat transisi untuk Standar Pelaporan Keuangan Internasional dan organisasi
pemerintah lainnya menjadi sasaran yang CICA Sektor Publik Akuntansi (PSA)
Handbook untuk pertama kalinya. Pada saat yang sama, pemerintah mereka
organisasi mengikuti not-for-profit standar akuntansi memulai transisi mereka
ke Handbook PSA untuk 1 Januari 2012. Ini menandai peristiwa penting dalam
sejarah dan relevansi PSAB.
Namun,
posisi Dewan pada tingkat-perusahaan pemerintah diatur bisnis berpose tantangan
untuk beberapa. Dua provinsi melewati peraturan yang mewajibkan pendekatan yang
berbeda daripada PSAB. Selanjutnya, posisi PSAB’s pada akuntansi untuk transfer
pemerintah menerima perhatian yang signifikan dan menciptakan perdebatan yang
aplikasi. PSAB akan perlu untuk tetap mencermati perkembangan lebih lanjut di
daerah-daerah.
Cukup
tidak dapat dikatakan tentang dukungan yang saya terima sebagai Ketua. Para
anggota Dewan secara konsisten dan menyeluruh memperdebatkan isu-isu yang
relevan, datang ke pertemuan dipersiapkan dengan baik dan bersama-sama
membentuk pandangan. Namun, keberhasilan ini tidak mungkin terjadi tanpa kerja
anggota pasukan PSAB ini tugas.
Saya
akan lalai jika saya tidak menyebutkan staf PSAB. Dedikasi dan profesionalisme
tidak pergi tanpa disadari. Saya berharap staf terbaru PSAB itu anggota,
Antonella Risi, yang terbaik. Anda telah bergabung dengan tim yang hebat.
Secara administratif, Mogul Edlene telah menjadi tambahan yang bagus,
menyelenggarakan pertemuan dan menjaga semua Dewan dan tugas anggota satuan
informasi dan terorganisir.
Istilah
Morina Rennie sebagai anggota Dewan berakhir tahun ini dan, atas nama Dewan dan
staf, saya ingin untuk berterima kasih atas kontribusi luar biasa dia membuat
lebih dari jabatannya. Akhirnya, saya ingin berharap Rod Monette, Ketua masuk,
yang terbaik dari keberhasilan.
Dengan
Ketua, relawan dan staf, saya pensiun dari posisi sebagai Ketua yakin bahwa
Kanada sektor publik akan tetap berada di garis depan global transparansi dan
akuntabilitas. Tingkat kepatuhan dengan standar PSAB oleh pemerintah dan
keberhasilan banyak organisasi pemerintah transisi ke Handbook PSA adalah bukti
itu.
Indikator kinerja
Staf
PSAB dibantu dengan pengembangan Tahap 3 dari Sektor Publik Standar Akuntansi
Internasional Board (IPSASB) kerangka kerja konseptual dan memberikan rekomendasi
untuk proyek-proyek lain seperti kombinasi sektor publik.
PSAB
staf menanggapi semua lima dokumen yang dikeluarkan untuk komentar, catatan
briefing disiapkan bagi anggota Kanada untuk setiap pertemuan pada item
berbagai agenda dan, berdasarkan komentar yang diberikan oleh staf, memberikan
kontribusi terhadap perubahan kata-kata dalam berbagai dokumen.
Latar belakang
The
IPSASB isu International Standar Akuntansi Sektor Publik untuk menyelaraskan
akuntansi sektor publik secara global. Umumnya, IPSASB bertemu empat kali per
tahun dan menggunakan sejumlah tugas berbasis kelompok untuk mengembangkan
bahan pertimbangan Dewan.
Keterlibatan
PSAB dalam pekerjaan IPSASB ini dicapai melalui menghadiri dan berpartisipasi
dalam pertemuan Dewan mereka, memberikan kontribusi bagi pengembangan berbagai
standar, menyiapkan catatan briefing untuk delegasi Kanada dan memberikan
komentar pada dokumen terkena.
Kanada,
secara historis dikenal sebagai Dominion of Canada, adalah negara paling utara
di Amerika Utara. Merupakan federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan
sistem desentralisasi dan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional.
Dibentuk tahun 1867 dengan undang-undang Konfederasi.
Ibu
kota Kanada adalah Ottawa, tempat parlemen nasional dan juga tempat tinggal Gubernur
Jenderal dan Perdana Menteri. Merupakan bekas jajahan Perancis dan Britania
Raya, Kanada adalah anggota La Francophonie dan Negara Persemakmuran.
Sebagai
negara maju, Kanada juga mempunyai standar akuntansi pemerintahan yang
digunakan di negaranya. Karena masing-masing negara mempunyai standar yang
berbeda untuk akuntansi pemerintahannya, begitu pula yang di Kanada. Yang pasti
akan sangat berbeda dengan akuntansi pemerintahan di negara kita, Indonesia.
Mungkin standarnya akan lebih rumit.
Akuntansi
di Kanada, ada 3 lembaga yg menangani akuntansi: the Canadian Institute of
Chartered Accountants (CA), the Certified General Accountants Association of
Canada (CGA), & the Society of Management Accountants of Canada (CMA). CA
& CGA dibentuk berdasarkan Undang-undang Parlemen berturut-turut pada tahun
1902 & 1913 sedangkan CMA didirikan dalam tahun 1920.
Program
CA difokuskan menjadi akuntan publik & kandidat harus memiliki pengalaman
auditing dari kantor akuntan publik; program CGA memberikan kebebasan bagi
kandidatnya ukt memilih karier di bidanga keuangan; program CMA memfokuskan
diri pada akuntansi manajemen.
Tantangan
Pada
tahun 2010, Dewan Akuntansi Sektor Publik (PSAB) menyetujui standar baru pada
transfer pemerintah, dengan tanggal efektif tanggal 1 April 2012. Alamat-alamat
standar transfer dari kedua pentransfer dan yang penerima perspektif. Dalam
beberapa hal, itu adalah standar terobosan dalam otoritatif lainnya standar
tidak secara khusus membahas masalah kapan entitas memiliki kewajiban untuk
membuat transfer (Pentransfer) dan banyak memiliki masalah warisan yang tersisa
dengan cara penerima akan menjelaskan transfer.
Standar
akuntansi sektor swasta Kanada tidak secara khusus menangani masalah pengalih
namun mengatasi pengakuan pendapatan dari perspektif penerima. Akuntansi Sektor
Publik Internasional Board (IPSASB), IPSAS 23, Pendapatan Non-Transaksi Bursa
(Pajak dan Transfer), hanya alamat penerima akuntansi (menggunakan perspektif
kewajiban untuk pengakuan pendapatan) tetapi tidak memberikan pedoman akuntansi
pengalih. Selanjutnya, sebagian ada standar lain (khususnya untuk modal
transfer) terus memerlukan penangguhan dan pendekatan amortisasi untuk
pengakuan pendapatan. Bagian PS 3410, Transfer Pemerintah, mengambil pandangan
menggunakan definisi kewajiban untuk menentukan kapan pendapatan harus diakui.
Pandangan ini, yang tidak mencerminkan standar saat ini sektor swasta, didukung
oleh IPSASB dan proposal di bawah Standar Akuntansi Internasional (IASB),
Pendapatan Kontrak dengan proyek Pelanggan.
PSAB
menyadari bahwa itu tidak mungkin untuk mencapai kesepakatan dengan standar di
antara semua pemangku kepentingan. Setelah konsultasi yang cukup (draft paparan
tiga dan 350 tanggapan), Dewan mengambil pandangan bahwa Keputusan harus dibuat,
mengakui bahwa standar mungkin tidak menemukan penerimaan oleh beberapa
stakeholder.
Sebagai
standar baru saja mulai berlaku, ada isu-isu yang berkaitan dengan permukaan
ketika kewajiban harus diakui oleh pemerintah yang mentransfer sumber daya dan,
dari sudut pandang penerima, ketika Pendapatan harus diakui. PSAB akan terus
mencermati perkembangan lebih lanjut di daerah-daerah.
Tingkat-perusahaan diatur
Tingkat-perusahaan
diatur baik di swasta dan sektor publik mengikuti persyaratan akuntansi dalam
pra-changeover standar akuntansi di V Bagian dari Buku Pegangan CICA –
Akuntansi.
Setelah
penerapan Standar Internasional IASB Pelaporan Keuangan (SAK) di Bagian I CICA
Handbook - Akuntansi, pada tahun 2007, PSAB diubah Pengantar untuk Akuntansi
Sektor Publik Standar yang menunjukkan bahwa perusahaan bisnis pemerintah semua
harus mematuhi standar yang berlaku untuk perusahaan publik akuntabel dalam
Bagian I. PSAB setuju bahwa tanggal efektif untuk bisnis pemerintah perusahaan
akan mencerminkan bahwa yang direkomendasikan oleh Dewan Standar Akuntansi
(AcSB). PSAB menegaskan posisinya dan tanggal efektif lagi pada tahun 2009.
Standar
dalam Bagian I tidak secara spesifik membahas isu-isu yang berkaitan dengan
efek dari regulasi tingkat. Karena Bagian V dari Buku Pegangan CICA - Akuntansi
diizinkan efek tertentu peraturan tingkat menjadi dicatat sesuai dengan
petunjuk tersebut, industri yang bersangkutan tentang kurangnya bimbingan untuk
tingkat-diatur perusahaan di bawah BagianI.
Ketidakpastian
yang diberikan untuk saat IASB mungkin mengatasi masalah, pada bulan Oktober
2010, AcSB menangguhkan efektif tanggal mengadopsi Bagian I dari Buku Pegangan
CICA - Akuntansi dengan tingkat-perusahaan diatur sampai 1 Januari 2012.
Baru-baru ini, para AcSB telah memperpanjang tanggal efektif untuk satu tahun
lagi.
Setelah
berkonsultasi dengan Dewan Pengawasan Standar Akuntansi dan musyawarah banyak
pada apakah pendekatan alternatif harus diambil, PSAB tetap teguh dalam
pandangannya bahwa sama pendekatan yang dilakukan oleh AcSB harus diikuti untuk
sektor publik. PSAB terus memantau perkembangan di daerah ini.
BAB III
KESIMPULAN
Kanada merupanakan negara terbesar kedua di dunia
setelah Rusia, dimana negara tersebut menganut sistem pemerintahan demokrasi
federal yang menyatukan sejumlah komunitas poltik yang berbeda di bawah
pemerintahan bersama untuk menangani keperluan-keperluan tertentu masing-masing
daerah. Bentuk pemerintahan ini
mempertimbangkan realita geografis Kanada, keanekaragaman masyarakat budayanya
dan warisan dwi-hukum dan dwi-bahasa. Kanada mempunyai tiga tingkat
pemerintahan: federal, propinsi dan teritori, dan kotamadya (lokal atau
regional). Pemerintah kanada bertanggung jawab untuk menginformasikan tentang
kepengurusan yuridis merkea kepada publik/ masyarakat. Informasi tersebut
biasanya dalam bentuk laporan tahunan yang mencakup akuntansi transaksi
keuangan pemerintah untuk periode fiskal.
Di Kanada, latihan pelaporan keuangan pada umumnya
diatur oleh pedoman akuntansi yang ditetapkan oleh badan independen Dewan
Akuntansi Sektor Publik standar (Public Sector Accounting Board/ PSAB) dari
Institut Akuntan Chartered Kanada. PSAB dalam "Akuntansi Sektor Publik
Handbook" menyatakan bahwa laporan keuangan pemerintah harus
mengkonsolidasikan laporan keuangan dari semua organisasi di bawah kendali
mereka dengan pengecualian dari perusahaan bisnis pemerintah. Perusahaan bisnis
Pemerintah harus dilaporkan dalam Ikhtisar laporan keuangan pemerintah secara
ekuitas dimodifikasi.
Aktiva bersih
perusahaan bisnis pemerintah dicatat sebagai investasi (aset keuangan) pada
laporan laba rugi konsolidasi pemerintah tentang posisi keuangan, sedangkanlaba
bersih perusahaan bisnis pemerintah disajikan sebagai bagian yang terpisah pada
laporan pendapatan pemerintah. Laporan keuangan konsolidasi umumny terdiri dari
unit penerintah seperti rumah sakit, universitas, sekolah-sekolah, dan
pendapatan dana konsolidasi, yang telah direvisi pemerntah untuk mematuhi
pedoman PSAB, dimana nantinya unit-unit ini pada akhirnya akan digabungkan
dengan menggunakan garis penuh oleh metode garis konsolidasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar